Kamis, 19 Oktober 2017

Jumlah Kartu Kredit Turun Gara-gara Banyak yang Tidak Aktif

Selasa, 10 Oktober 2017 12:56
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Jakarta(MedanPunya) Jumlah kartu kredit beredar mengalami penurunan jika dibandingkan dengan awal tahun. Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menjelaskan penurunan juga terjadi karena adanya pembersihan yang dilakukan oleh bank.

General Manager AKKI Steve Marta menjelaskan, penurunan kartu yang beredar terjadi di Industri. "Ini karena adanya pembersihan kartu yang tidak aktif, atau kartu yang sudah lama tidak dipakai, karena kartu tidur itu juga berisiko kan," kata Steve, Selasa (10/10).

Dia menjelaskan, bank memang rutin melakukan pembersihan jumlah kartu kredit yang tidak aktif ini. Jika kartu secara rata-rata selama tiga bulan tidak digunakan, maka kartu tersebut dihitung tidak aktif.

"Bank ada tim untuk memeriksa kartu tersebut aktif atau tidak. Nantinya nasabah akan dihubungi dan ditanyakan apakah masih ingin menggunakan kartunya atau tidak," ujar dia.

Dia menjelaskan, jika tidak digunakan maka bank akan memberikan opsi untuk menonaktifkan kartu.

Mengutip data alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) BI, per Januari jumlah kartu kredit tercatat 17,49 juta, kemudian Februari 17,52 juta, Maret 17,59 juta, April 17,66 juta.

Memasuki Mei jumlah kartu turun jadi 17,22 juta. Pada Juni jumlah kartu 16,77 juta. Lalu Juli 16,85 juta dan masuk ke Agustus jumlah kartu 16,88 juta keping.***dtc/mpc/bs

Dibaca 46 Kali